SISWI SMP NEGERI 6 SINGARAJA MENDAPATKAN JUARA 2 NYURAT AKSARA BALI LONTAR

 



SMP Negeri 6 Singaraja – Prestasi kembali ditorehkan oleh seorang siswi SMP Negeri 6 Singaraja dalam upaya melestarikan budaya Bali salah satunya dalam hal Nyurat Aksara Bali. Ia mendapatkan juara 2 saat mengikuti lomba nyurat aksara Bali lontar.  Siswi ini bernama Putu Putri Diana Pertiwi, sebelumnya Putri sudah sempat mengikuti lomba lainnya, selain dia sering mendapatkan prestasi disekolah dia juga sering mendapatkan prestasi di luar sekolah seperti prestasi karate.
Lomba yang diikuti Putri adalah nyurat aksara Bali lontar, dia sangat pintar nyurat aksara Bali oleh sebab itu dia mengikuti lomba tersebut. Lomba tersebut dilaksanakan di wantilan Sasana Budaya DISBUD (Dinas Kebudayaan) dalam rangka Bulan Bahasa. Putri mengikuti lomba nyurat aksara Bali lontar tersebut pada kamis, 9 Februari 2023, yang mengikuti lomba bukan hanya putri tapi seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Buleleng, yang menyelenggarakan lomba tersebut adalah Dinas Kebudayaan, peserta yang mendapatkan juara 1 berasal dari Kecamatan Seririt, juara 1 tersebut berikutnya akan mewakili kabupaten Buleleng mengikuti lomba tingkat Provinsi.


Putri mengikuti lomba tersebut karna terpilih menjadi perwakilan dari kecamatan Buleleng, bukan hanya karna ditunjuk Putri juga punya bakat dan talenta dalam hal nyurat aksara Bali serta Putri juga menyukai nyurat aksara Bali, oleh sebab itu Putri mengikuti lomba tersebut. Persiapan yang dilakukan Putri melakukan pelatihan selama dua minggu lebih. Proses lombanya berjalan sangat lancar dan baik, mulai dari pembukaan dilanjutkan dengan lomba dan diakhiri dengan penutupan sekaligus pengumuman juara nyurat aksara Bali. "Perasaan saya saat mengikuti lomba merasa grogi dan deg-deg an" ucap Putri jum'at (10/2/2023).

Perasaan Putri saat mendapatkan juara 2 merasa kaget dan dia berterima kasih kepada Tuhan, orang tua dan teman-teman karna sudah memberi semangat dan dukungan terhadap Putri. Kepala SMP Negeri 6 Singaraja Nyoman Sudiana, S.Pd., M.Pd juga mengapresiasi perolehan juara yang diperoleh oleh Putri serta Nyoman Sudiana juga berharap ada bibit-bibit siswa yang berprestasi lainnya yang mau melestarikan budaya kita di Bali. (GMK, JSA)




Komentar