PENGHARGAAN SEKOLAH AKTIF LITERASI NASIONAL KEMBALI DIRAIH SMP NEGERI 6 SINGARAJA



SMP Negeri 6 Singaraja - Literasi menjadi bagian penting dalam meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa. Baru-baru ini SMP Negeri 6 Singaraja kembali menorehkan prestasi di bidang literasi melalui kegiatan Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional (GSMB Nasional) Tahun 2022. SMP Negeri 6 Singaraja mendapat penghargaan sebagai Sekolah Aktif Literasi Nasional dari Pusat Pengembangan Literasi Nasional tahun 2022 pada program Nyalanesia. Penghargaaan yang serupa juga telah diraih sebelumnya oleh SMP Negeri 6 Singaraja pada tahun 2021. Penghargaan ini diberikan kepada sekolah yang mengikuti kegiatan Program Pengembangan Literasi Nasional Nyalanesia bersama GSMB-Indonesia. SMP Negeri 6 Singaraja berhasil menerbitkan buku yang berisi puisi dan cerpen hasil karya siswa serta artikel karya guru dan kepala sekolah SMP Negeri 6 Singaraja. Adapun judul buku yang diterbitkan pada GSMB Nasional tahun 2021 dan 2022 yaitu:

  1. Antologi Puisi "Meretas Dilema, Semangat Berkarya"
  2. Antologi Artikel Guru "Merefleksikan Indonesia 2021"
  3. Kumpulan Artikel "Menjadi Kepala Sekolah Inovatif"
  4. Antologi Puisi "Menyemai Benih Menuai Asa"
  5. Antologi Cerpen "Merangkai Kata Semangat Berkarya Jilid 1"
  6. Antologi Cerpen "Merangkai Kata Semangat Berkarya Jilid 2"
  7. Antologi Artikel Guru "Edumorfosis"


Gerakan Sekolah Menulis Buku adalah sebuah program pengembangan literasi, yang mengajak seluruh siswa dan guru jenjang SD, SMP, SMA sederajat untuk dapat menerbitkan buku ber-ISBN, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, pendampingan pengembangan program literasi, serta kompetisi berliterasi paling bergengsi di tingkat nasional. Program yang diselenggarakan oleh Nyalanesia (sebelumnya bernama GMB-Indonesia) ini merupakan agenda tahunan. Program ini telah terselenggara 6 tahun dan telah diikuti ribuan sekolah dari 34 provinsi di Indonesia. Program ini berkolaborasi dengan berbagai instansi pendidikan, pemerintah dan perusahaan peduli literasi. Melalui program ini, seluruh sekolah yang menjadi peserta program akan difasilitasi dan bertualang bersama serangkaian kegiatan yang meliputi: 1) Workshop dan Sertifikasi Kompetensi, 2) Penulisan dan Perlombaan Literasi, 3) Penerbitan dan Percetakan Buku Ber-ISBN dan Ber-QRBN, 4) Fasilitas Pembuatan dan Pengelolaan Website Literasi Sekolah, 5) Konsultasi dan Pengembangan Program Literasi, 6) Seminar Nasional dan Sarasehan, 7) Penganugerahan Penghargaan, serta 8) Acara Puncak Festival Literasi Nasional Tahun 2021. Program GSMB Nasional ini dipersembahkan bagi sekolah-sekolah di seluruh Indonesia guna menjadi solusi sekaligus wahana untuk mengakselerasi kualitas budaya literasi dan mutu pendidikan secara lebih efektif, efisien dan penuh suka cita.

Pada kegiatan GSMB Nasional Tahun 2022 yang diselenggarakan Nyalanesia ini, SMP Negeri 6 Singaraja mendapatkan penghargaan, diantaranya: 1) SMP Negeri 6 Singaraja sebagai Sekolah Aktif Literasi Tingkat Nasional Tahun 2022, 2) Nyoman Sudiana, S.Pd., M.Pd sebagai Kepala Sekolah Berprestasi di Bidang Literasi. Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Singaraja, Nyoman Sudiana, S.Pd.,M.Pd menjelaskan bahwa penghargaan Sekolah Aktif Literasi Nasional menjadi semangat sekolah dan siswa untuk meneruskan tren kebaikan dalam hal menulis. “Penghargaan Sekolah Aktif Literasi Nasional menjadi sumbu semangat bagi seluruh warga sekolah untuk meneruskan giat literasi,” ucapnya. Selain itu Nyoman Sudiana juga menjelaskan bahwa penghargaan ini tidak lepas dari dedikasi seluruh siswa dan tenaga pendidik yang terus berinovasi dalam dunia pendidikan. “Prestasi ini merupakan hasil dedikasi kami dalam literasi khususnya mengikutsertakan siswa dalam gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional yang diselenggarakan Nyalanesia,”tuturnya. Sementara itu Koordinator Literasi Sekolah SMP Negeri 6 Singaraja, Nyoman Warta,S.Pd, menjelaskan bahwa kegiatan GSMB merupakan kegiatan untuk memfasilitasi siswa berkarya nyata sesuai minat dan bakat mereka dan juga mewujudkan karya nyata dalam gerakan literasi sekolah, bukan sekedar seremonial semata. Hasil karya siswa dalam bentuk ANTOLOGI dalam jangka panjang akan memberikan inspirasi positif di kalangan siswa khususnya di SMP Negeri 6 Singaraja. Melalui kegiatan GSMB berskala nasional ini, juga menunjukkan kepada publik bahwa SMP Negeri 6 Singaraja mampu berkarya dan kompetitif yang merupakan salah satu bentuk mewujudkan visi sekolah. Intinya, memberikan ruang dan waktu kepada siswa, niscaya akan tumbuh sejuta inovasi yang awalnya kita tidak pernah menduga. Berkarya bukan sekedar kata-kata, berkarya adalah upaya memaksimalkan peluang dan tantangan yang ada dengan melibatkan seluruh komunitas sekolah dengan mempertimbangkan aset yang ada serta memaksimalkan dalam memfungsikannya. Salam Literasi….! (GAM)




Komentar