PENARI JAGRA WINANGUN DAN SEKAA BALEGANJUR SMP NEGERI 6 SINGARAJA MENDAPAT KEHORMATAN BERPARTISIPASI DALAM ACARA PERESMIAN BENDUNGAN TAMBLANG (BENDUNGAN DANU KERTHI BULELENG)

 



SMP Negeri 6 Singaraja – Hari Kamis, 2 Februari 2023 Sekaa Baleganjur SMP Negeri 6 Singaraja berkolaborasi dengan penari jagra winangun dari SD Negeri 1 Banyuning dan salah satu sanggar tari di Buleleng ikut berpartisipasi dalam acara peresmian Bendungan Tamblang yang diresmikan  langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo didampingi oleh ibu Iriana Jokowi, Gubernur Bali I Wayan Koster, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan beberapa pejabat lainnya. Lokasi bendungan ini mencakup Desa Sawan, Desa Bila dan Desa Tamblang, Kec. Buleleng, Kab. Buleleng, Bali. Sekaa Baleganjur dan Penari SMP Negeri 6 Singaraja ini dipercaya dan ditunjuk langsung oleh Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga, Kab. Buleleng.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Tamblang (yang diusulkan namanya menjadi Bendungan Danu Kerthi Buleleng oleh Gubernur Bali, Bapak Dr. I Wayan Koster)  dengan luas bendungan yaitu sebesar 29, 8 hektare dan dapat menampung 5,1 juta meter kubik air yang dibangun sejak 2018, dengan anggaran dari APBN senilai Rp 820.000.000. Bendungan Tamblang ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga di 3 kecamatan di Kabupaten Buleleng yaitu Kecamatan Tejakula, Kecamatan Sawan dan Kecamatan Buleleng. Sedangkan untuk irigasi Bendungan Tamblang akan mengairi sawah seluas 588 hektare lahan pertanian yang berada di Kecamatan Kubutambahan dan Kecamatan Tejakula Kabupaten Buleleng, Bali.




Sebelum pelaksanaan kegiatan, Sekaa Baleganjur SMP Negeri 6 Singaraja dan penari dari SD Negeri 1 Banyuning telah melaksanakan latihan dan gladi mulai dari tanggal 28 Januari – 1 Februari 2023. Tari penyambutan yang ditarikan pada peresmian bendungan ini diberi nama Tari Jagra Winangun. Gede Wiryana merupakan pencipta tarian ini sekaligus penata tabuh, yang merupakan salah satu pegawai di SMP Negeri 6 Singaraja. Tari jagra winangun merupakan tari penyambutan yang mengisahkan etika pemberian ijin kepada seorang tamu sebelum tamu tersebut memasuki suatu wilayah. Kepala SMP Negeri 6 Singaraja, Bapak Nyoman Sudiana, S.Pd., M.Pd mengatakan “Merupakan suatu kehormatan bagi SMP Negeri 6 Singaraja dapat dipercaya dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan besar seperti peresmian bendungan Tamblang ini, serta bisa melaksanakan amanah ini dengan  semoga kedepannya SMP Negeri 6 Singaraja dapat terus di percaya dan dan berkembang menjadi lebih baik lagi”. (gam)


Komentar